Mengenal Jenis dan Tipe Rambut, Serta Cara Merawatnya

Mengenal Jenis dan Tipe Rambut, Serta Cara Merawatnya - Bagi sebagian besar orang rambut adalah suatu hal yang cukup penting bagi mereka. Dan menurut orang-orang, bagian  tubuh yang cukup mendapatkan perhatian penting bagi mereka adalah rambut.

Selain berfungsi sebagai pelindung kulit kepala dari paparan sinar matahari langsung, ternyata rambut juga berfungsi memperindah penampilan kita. Namun tahukah kalian ? bahwa rambut memiliki Jenis dan tipe yang berbeda-beda.




Selain itu, jenis-jenis rambut itu berbeda pula cara perawatannya. Kita tahu betul bahwa seluruh bagian tubuh kita itu memerlukan perwatan yang baik, begitu pula dengan rambut, namun sebelum anda menentukan perawatan apa yang cocok bagi rambut anda, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa jenis rambut anda?.

Mengenal Jenis dan Tipe Rambut, Serta Cara Merawatnya

  1. Rambut Normal
    Rambut tipe normal adalah rambut yang paling mudah perawatannya, karena tipe rambut ini tidak berminyak dan juga tidak kering, sehingga perwatannya cenderung tidak sulit dibandingkan tipe rambut yang lainnya. Untuk perawatannya cukup keramas 2x sehari dan jangan lupa untuk gunakan conditioner. Jangan terlalu sering melakukan pengeritingan rambut dan pengecatan tambut, karena itu akan merusak rambutmu.

  2. Rambut Kering
    Tipe rambut ini mungkin sangat sulit untuk diatur atau ditata, karena tipe rambut ini mudah kusut, sulit disisir dan sangat rapuh. Tipe Rambut kering ini terlihat tidak sehat. Menurut beberapa artikel dan buku-buku, penyebab tipe rambut kering ini adalah seringnya keramas, sering dicat, sering dikeriting maupun diluruskan dengan catokan dll. Penyebab lain dari rambut kering ini juga bisa dari faktor Gizi buruk, anorexia, atau dari cuaca yang panas dan kering. Yang menyebabkan kadar minyak rambut menjadi dibawah normal.

    Cara perawatannya : Cukup keramas 3-5 hari sekali, jangan terlalu sering melakukan keramas. Gunakan jenis samphoo yang ringan dan gunakan selalu conditioner sehabis keramas, tak ada salahnya juga jika kamu memberikan vitamin rambut secara teratur. Kamu juga bisa mengatasinya dengan bahan-bahan alami seperti kacang almond dan minyak zaitun.

    Hal yang harus kamu hindari agar tak mengalami rambut kering adalah, hindari pencatokan rambut dan penggunaan hairdryer. Jangan menggunakan hairspray dan bahan-bahan kimia lainnya kepada rambut. Jangan biarkan rambut terkena paparan sinar UV secara langsung ada baiknya menggunakan tutup kepala saat keluar rumah.

  3. Rambut Berminyak
    Tipe rambut ini diakibatkan oleh kelenjar minyak yang terlalu aktif yang biasa dikarenakan kadar hormon yang sangat tinggi. Minyak yang berlebihan pada rambut nantinya akan membuat rambut menjadi lepek, dan resikonya membuat rambut berketombe karena debu dan kotoran mudah menempel pada rambut yang beminyak.

    Cara Merawat Rambut Berminyak :
    Cuci rambut setiap hari agar rambut menjadi bersih, karena rambut yang kotor terkena debu atau kotoran akan mengakibatkan rambut berketombe,

    Gunakanlah shampoo yang lembut, gunakan rambut yang kering untuk melap rambut. Hindari makan makanan yang berminyak. gunakan conditioner jangan dari kulit kepala tapi gunakan dari bagian tengah rambut hingga ujung rambut.

    Jangan terlalu sering menyisir rambut karena itu justru akan mengantarkan minyak keseluruh rambut. Dan jangan gunakan Hairdryer terlalu panas saat mengeringkan rambut.

  4. Rambut Kombinasi Kering dan Berminyak
    Jenis rambut ini adalah jenis rambut yang paling bermasalah, jenis rambut ini biasanya memiliki rambut yang berminyak pada daerah kulit kepala dan kering pada ujung rambut. Namun sama seperti tipe rambut yang sebelumnya, tipe rambut ini juga memiliki cara perawatannya sendiri.

    Cara perawatan rambut kering dan berminyak :
    Gunakan conditioner secara teratur sehabis keramas, dan oleskan pada bagian tengah batang rambut jangan pada rambut didaerah kulit kepala.
    Jangan pernah keramas menggunakan air panas, gunakanlah air bersuhu normal untuk bekeramas.
    Jangan terlalu banyak menggunakan shampoo, gunakan shampoo secukupnya saja.
    Bilas rambut dengan bersih setelah berkeramas.
Nah itu dia artikel Mengenal Jenis dan Tipe Rambut, Serta Cara Merawatnya, Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam merawat rambut kamu.